Saturday, December 29, 2012

Berubah.

Suatu kata yang sudah sering kita dengar. Berubah.
Saya pikir, semua manusia akan mengalami masa perubahan mereka masing-masing. Masa bodoh apakah akan berubah menjadi orang yang lebih baik atau malah sebaliknya. Sesungguhnya pernyataan itu kurang relevan. Manusia tidak bisa berubah. Manusia tetaplah sama, tetaplah dirinya sendiri. Manusia hanya bertumbuh dan berkembang. Jadi secara pribadi saya akan menyatakan, lingkungannya berubah.

Pernah beberapa kali dalam rentang hidup saya, saya membenci perubahan. Saya hanya mau semua berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya dan tidak akan ada satu orang pun yang akan mengacaukannya. Saya hanya mau orang-orang disekitar saya mengerti diri saya apa adanya dan menerima kenyataan pribadi saya. Saya hanya mau lingkungan saya membuat saya nyaman dan bahagia, tak peduli berapa banyak orang yang menanggung kesakitan akan itu. Saya mau segalanya tentang saya.

Namun, kemudian saya berpikir. Saya membenci perubahan, memang. Tapi apakah saya tidak pernah melakukan perubahan terhadap diri saya dan orang lain? Selama ini saya sadar, manusia akan terus bertumbuh dan berkembang sesuai lingkungannya. Sejak bayi, anak-anak, remaja, sampai dewasa.

Apakah pernah terpikirkan apabila dunia ini tidak ada perubahan?
Manusia hanya akan menjadi bayi-bayi kecil yang tidak mau mempelajari hidup.
Dunia akan mati.
Dunia tidak akan ada.
Saya sadar, bahwa saya (dulu) egois.

Tapi apakah akan jadi sebuah egoistik apabila seseorang yang pernah membuat saya tersenyum BERUBAH menjadi sosok yang membuat saya menangis kemudian? Apakah masih egoistik?

Saya tidak tahu. Dan kadang tidak mau tahu.
Sampai sekarang, saya sudah tidak membenci perubahan. Karena tanpa perubahan, dunia ini tidak akan ada apa-apanya. Tanpa perubahan, kita hanya seonggok daging tak berakal yang hanya memasrahkan diri tanpa ada usaha untuk berubah menjadi lebih baik.

Jadi, berubah itu perlu.
Namun ada satu hal yang saya tidak mau ubah.
Seseorang disana.
Tolong jangan berubah.
Maaf terdengar egoistik.
Tapi tolong, kamu tidak butuh berubah menjadi yang sekarang.
Saya membenci dirimu yang sekarang.
Tolong jangan berubah.
Tolong.
Jangan biarkan lingkunganmu mengubahmu.
Jadilah dirimu yang dulu.
Kembalilah.

Nabila
{xoxo}